Kamis, 18 November 2010

Tugas Koperasi








PENGERTIAN KOPERASI

Menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pengertian Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Menurut pendapat saya, Koperasi itu sebuah lembaga yang beranggotakan orang perorangan atau sekumpulan orang-orang dalam suatu gerakan organisasi koperasi. Koperasi mempunyai tujuan yaitu mensejahterakan para anggotanya.

SEJARAH BERDIRINYA KOPERASI

- Tahun 1771-1858 : Di New Lanark Skotlandia, pertama kali membuka usaha pemintalan kapas. (Robert Owen).
- Tahun 1786-1865 : Di Brighton Inggris, mendirikan toko koperasi dengan cara-cara mengelola took dengan prinsip koperasi (William King).
- Tahun 1896 : Di Indonesia, Purwokerto, Jawa Tengah (R.Aria Wiriatmadja).
- Pada tanggal 12 juli 1947 : Di Indonesia, di daerah Tasikmalaya, Dilaksanakan konggres koperasi yang pertama, konggres ini kemudia ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.

PERAN KOPERASI

- Mengembangkan demokrasi ekonomi di Indonesia
- Meningkatkan dan mensejahterakan tarah hidup sederhana masyarakat Indonesia
- Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara membina, menyatukan, dan mengembangkan setiap potensi yang ada.

FUNGSI KOPERASI/MANFAAT KOPERASI

- Memberikan kemudahan bagi anggotanya untuk memperoleh modal usaha.
- Mengembangkan usaha anggota koperasi.
- Meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia.
- Sebagai upaya mendemokrasikan sosial ekonomi Indonesia.
- Memperkokoh perekonomian rakyat indonesia dengan jalan pembinaan koperasi.

LAMBANG KOPERASI

A. Tuliasan Koperasi Indonesia melambangkan kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
B. Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.
C. Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh.
D. Gigi Roda melambangkan usaha/karya yang terus menerus.
E. Kapas dan Padi melambangkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh Koperasi.
F. Timbangan melambangkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi.
G. Bintang dalam perisai melambangkan Pancasila sebagai landasan ideal koperasi.
H. Warna merah dan putih melambangkan sifat nasional Indonesia.

SUSUNAN KOPERASI

1. Anggota, anggota koperasi.
- Perorangan.
- Badan hukum Koperasi.
2. Pengurus Koperasi.
3. Pengawas Koperasi.
4. Rapat Anggota.


PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA SAAT INI

Perkembangan koperasi di Indonesia saat ini mengalami pasaang surut karena kegiatan usaha secara menyeluruh dari waktu ke waktu yang selalu mengalami perubahan yang berbeda-beda. Dari masa penjajahan sampai masa kemerdekaan. pengembangan koperasi di Indonesia yang telah digerakan melalui dukungan kuat program pemerintah yang telah dijalankan saat ini.

Dengan adanya Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, pada pasal 33 yang menetapkan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia, maka kedudukan hukum koperasi di Indonesia benar-benar menjadi lebih baik saat ini. Ketetapan MPRS no.XXIII membebaskan gerakan koperasi dalam berkiprah. Perkembangan dan pertumbuhan koperasi di Indonesia saat ini membuka peluang besar bagi para usaha.

Jadi, Menurut pendapat saya perkembangan koperasi di Indonesia saat ini cukup baik dan cukup maju, apalagi ditambah dengan adanya pasar global. Tetapi khususnya di Indonesia menjalankan usaha koperasi harus selalu melihat pada prinsip-prinsip koperasi.

SIAPA ?????TOKOH DI BIDANG KOPERASI YANG BERHASIL DAN BISA MENJADI PANUTAN

NAMA : DRS.H.MUHAMMAD JUSUF KALA

TEMPAT/TGL LAHIR : WATAMPONE 15 MEI 1942

ALAMAT : JL. DENPASAR RAYA CII/9 KUNINGAN, JAKARTA PUSAT

BIDANG DUNIA USAHA

- 1969-2001: Direktur Utama NV. HADJI KALLA.
- 1969-2001: Direktur Utama PT. BUMI KARSA.
- 1988-2001: Komisaris PT. BUKAKA TEKNIK UTAMA.
- 1988-2001: Direktur Utama PT. BUMI SARANA UTAMA.
- 1988-2001: Direktur Utama PT. KALLAN INTI KARSA.
- 1995-2001: Komisaris Utama PT. BUKAKA SIAGTEL INTERNATIONAL.

Putra pasangan Hadji Kalla dan Hajjah Athirah ini sebelum terjun ke pemerintahan dikenal luas oleh dunia usaha sebagai pengusaha sukses. Usaha-usaha yang dirintis ayahnya, NV. Hadji Kalla, diserahkan kepemimpinannya sesaat setelah ia diwisuda menjadi Sarjana Ekonomi di Universitas Hasanuddin Makassar Akhir Tahun 1967. Di samping menjadi Managing Director NV. Hadji Kalla, juga menjadi Direktur Utama PT Bumi Karsa dan PT Bukaka Teknik Utama.

Usaha yang digelutinya di samping usaha lama, ekspor hasil bumi, dikembangkan usaha yang penuh idealusme, yakni pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, jembatan dan irigasi guna mendorong produktivitas masyarakat pertania.
Anak perusahaan NV. Hadji Kalla antara lain; PT Bumi Karsa (bidang konstruksi) dikenal sebagai kontraktor pembangunan jalan raya trans Sulawesi, irigasi di Sulsel, dan Sultra, jembatan-jembatan, dan lain-lain. PT Bukaka Teknik Utama didirikan untuk rekayasa industri dan dikenal sebagai pelopor pabrik Aspal Mixing Plant (AMP) dan gangway (garbarata) di Bandara, dan sejumlah anak perusahaan di bidang perumahan (real estate); transportasi.

Atas prestasinya di dunia usaha, Jusuf Kalla dipilih oleh dunia usaha menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan (1985-1997), Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia (1997-2002), Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Sulawesi Selatan (1985-1995), Wakil Ketua ISEI Pusat (1987-2000), dan Penasihat ISEI (2000 sekarang).

Jadi,Pendapat Menurut saya tokoh yang patut menjadi panutan dalam dunia usaha ataupun koperasi adalah Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla. Karena ketekunannya dan keberhasilannya di dunia usaha yang bisa membantu produktivitas usaha di Indonesia saat ini.

www.kumpulanmateri.co,id
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar