Rabu, 03 November 2010

Topik diskusi 3

TOPIK DISKUSI

1.Ada pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya Pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa Pancasila berakar pada keperibadian bangsa Indonesia sendiri. Apakah dari dua pertanyaan tersebut tidak saling bertentangan, dan apakah memang Pancasila sebagai ideologi gado-gado?
Jelaskan pokok-pokok pikiran anda.

Pancasila adalah asal mula yang langsung terjadinya Pancasila sebagai dasar filsafat Negara yaitu asal mula yang sesudah dan menjelang Proklamasih Kemerdekaan yaitu sejak dirumuskan oleh para pendiri Negara sejak siding BPUPKI pertama, Panitia Sembilan, siding BPUPKI kedua serta siding PPKI sampai pengesahannya. Pada Tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila tidak diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Karena Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan Negara Indonesia, bukan terbentuk secara mendadak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorangan sebagaimana yang terjadi pada ideologi-ideologi di dunia, namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia. Secara kausalitas Pancasila sebelum disahkan menjdi dasar filsafat Negara nilai-nilainya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang berupa nilai-nilai adapt istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai relegius.

Adapapun rincian atau pokok-pokok gagasan Pancasila menurut Notonaogoro sebagai berikut:

(a) Asal Mula (Kausa Materialialis) Bangsa Indonesia adalah sebagai asal dari nilai-nilai Pancasila. Sehingga Pancasila itu pada hakikatnya nilai-nilai adapt istiadat kebudayaan serta nilai-nilai religius yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.
(b) Asal Mula Bentuk (Kausa Formalis) Hal ini dimaksudkan bagaimana asal mula bntuk atau bagaimana Bentuk Pancasila itu dirumuskan sebgaimana termuat dalam pembkaan UUD 1945. Maka asal mula bentuk Pancasila adalah Ir. Soekarno bersama-sama Drs. Moh. Hatta serta anggota BPUPKI lainnya merumuskan dan membahas Pancasila terutama dalam hal bentuk, rumusan serta nama Pancasila.

(c) Asal mula Karya (Kausa Effisien) Kausa effisien atau asal mula karya yaitu asal mula yang menjadikan Pancasila dari calon dasar Negara menjadi dasar Negara. Para pendiri Negara juga berfungsi sebagai kausa sambungan karena yang merumuskan dasar filsafat Negara.

(d) Asal mula Tujuan (Kausa Finalis) Pancasila dirumuskan dan dibahas dalam sidang-sidang para pendiri Negara, tujuannya adalah untuk dijadikan sebagai dasar Negara. Para pendiri Negara juga berfungsi sebagai kausa sambungan karena yang merumuskan dasar filsafat Negara.

Secara kausalitas asal mula yang tidak lamgsung Pancasila adalah asal mula sebelum Proklamasi Kemerdekaan. Pancasila adalah terdapat pada kepribadian serta dalam pandangan hidup sehari-hari bangsa Indonesia.

Unsur-unsur Pancasila tersebut sebelum secara langsuna dirumuskan menjadi dasar filsafat Negara, nilai-nilai yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai keyakinan dan nilai keadilan telah ada dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia sebelum membentuk Negara.

Nilai-nilai tersebut terkandung dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk Negara, yang berupa nilai-nilai adapt istiadat, nilai kebudayaan serta nilai-nilai religius. Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman dalam memecahkan problema kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa asal mula tidak langsung Pancasila pada hakikatnya bangasa Indonesia sendiri, atau dengan kata lain perkataan bangsa Indonesia sebagai “kausa materialis” atau sebagai asal mula tidak langsung nilai-nilai Pancasila.

sumber:
http://www.filsafatpancasila.co.id
http://www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar