Rabu, 03 November 2010

Topik diskusi 4


TOPIK DISKUSI



2. Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia .
Apakah itu berarti meng-agama-kan Pancasila?
Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda.

Keberadaan Pancasila dan Agama

Masalah pokok yang hendak dikemukakan di sini adalah kenyataan bahwa Pacasila tidak merupakan paham yang lengkap, juga tidak merupakan kesatuan yang bulat. Kelengkapan bergatung pada pemikiran lain yang dijabarkan ke dalam Pancasila: dan kesatuan bulatnya juga demikian. Dalam rangka ini, paham agama bisa pula masuk.

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa:

Sebagai Negara yang bermayoritas penduduk agama islam, Pancasila sendiri yang sebgai dasr Negara Indonesia tidak bisa lepas dari pengaruh agama yang tertuang dalam sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”. Yang pada awalnya berbunyi”… dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya”.

Karena itulah sampai detik ini bunyi sila pertama adalah “Ketuhanan yang Maha Esa” yang berarti bahwa Pancasila mengakui keberagaman Agama, tidak hanya Islam namun termasuk juga Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu sebagi agama resmi Negara pada saat itu.Butir-butir Pancasila sila pertama atas perubahan bunyi sila pertama menjadi Ketuhanan yan Maha Esa membuat para pemeluk agama lain di luar islam merasa puas dan merasa dihargai.

Searah dengan perkembanga, sila Ketuhanan yang Maha Esa dapat dijabarkan dalam beberapa point penting atau bisa disebut dengan butir-butir Pancasila. Diantaranya:

 Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing0masing menurut dasar kemanuasiaan yang adil dan beradab.
 Mengembangkan sikap hormat menghormati dan nekerjasama antar pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 Membina kerukunan hidu di antara sesame umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
 Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
 Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Pemahaman Pancasila Dan Agama Saat Ini

Ideologi Pancasila merupakan dasar Negara yang mengakui keberadaan agama dalam pemerintah. Sehingga kita sebagai warga Negara Indonesia tidak perlu meragukan konsistensi atas Ideologi Pancasila terhadap agama. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut:Pancasila adalah ideologiyang sangat baik untuk diterapkan di Negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam agama, suku, ras dan bahasa.

Untuk semakin memperkokoh rasa bangga terhadap Pancasila, maka perlu adanya peningkatan pengalaman butir-butir Pancasila khususnya sila ke-1. Salah satunya dengan saling menghargai antar umat beragama. Untuk menjadi sebuah negra Pancasila yang nyaman bagi rakyatnya, diperlukan adanya jaminan keamanan dalam melaksanakan kegiatan beribadah.

Untuk mengembangkan nilai-nilai Pancasila dn memadukan dengan agama, diperlukan usaha yang cukup keras. Salah satunya kita harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Selain itu, kita juga harus mempunyai kemauan yang keras guna mewujudkan Negara Indonesia yang aman, makmur dan nyaman bagi setiap orang yang berada di dalamnya.

Sumber:

http://www.google.com
http:/www./bappenas.artikel.co.id
http://www.filsafatpancasila.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar